Berita
Pembukaan Festival LIKE

Pembukaan Festival LIKE

Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, Energi Baru Terbarukan (LIKE) resmi dibuka pada Sabtu (16/9/2023) di Indonesia Arena, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Pembukaan dilakukan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK) Siti Nurbaya serta Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki.

Dalam sambutannya, Mensesneg Pratikno menyoal polusi udara di perkotaan serta banjir dan kekeringan yang terjadi bersamaan di berbagai wilayah negeri. “Beberapa hari yang lalu kita merasakan polusi udara di Jakarta, tetapi juga masyarakat di pedesaan ada yang mengalami kebanjiran, sekarang banyak yang kekeringan,” katanya dalam pembukaan Festival LIKE di Indonesia Arena, Kompleks GBK, Jakarta, Sabtu (16/9/2023).

Mensesneg Pratikno juga mengungkit soal krisis iklim yang yang dialami dunia. Ia mengatakan upaya menyelamatkan lingkungan perlu dilakukan segera. “Oleh karena itu bapak ibu dari perusahaan dari industri punya peran yang sangat penting untuk memanfaatkan momentum ini. Momentum sustainable, dan inclusive growth,” ujarnya. “Jadi di satu sisi kita menyelamatkan libgkungan, tetapi di saat yang sama kita juga menyejahterakan petani, peternak, masyarakat pesisir,” imbuhnya.

Acara yang diinisiasi oleh KLHK ini rencananya bakal digelar selama tiga hari, mulai 16-18 September 2023. Bertajuk ‘Masyarakat Sejahtera Alam Lestari’, agenda ini berisi berbagai pertunjukan, mulai dari dialog bersama, pameran, talkshow hingga perlombaan.

Puncak gelaran ini juga rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Mensesneg Pratikno mengatakan Presiden Jokowi bakal hadir pada Senin, 18 September 2023. “Besok (Senin) Pak Presiden Insyaallah hadir di acara puncak, sudah kami jadwalkan semoga hadir,” pungkasnya.

Festival LIKE merupakan rangkuman akumulasi kerja-kerja bidang Lingkungan Hidup, Iklim, Kehutanan, dan Energi, khususnya energi terbarukan. Acara ini sekaligus sebagai persiapan Indonesia dalam menyambut COP-28 UNFCCC di Dubai mendatang.

Agenda ini memiliki 4 Zona. Pada setiap zona akan ada berbagai kegiatan yang diatur dalam empat tematik materi, yaitu pada Zona Biru, Komitmen Energi Baru Terbarukan, Zona Hijau Indonesia’s FOLU Net Sink 2030, pada Zona Kuning Inovasi Pemulihan Lingkungan, dan Masyarakat Sejahtera Alam Lestari, pada Zona Ungu.

Penulis: Faisal Fadjri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *