Berita
PUSTANDPI Ikuti Pembahasan Dokumen Rujukan Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan Implementasi Indonesia’s FOLU Net Sink 2030

PUSTANDPI Ikuti Pembahasan Dokumen Rujukan Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan Implementasi Indonesia’s FOLU Net Sink 2030

Komitmen Pusat Standardisasi Instrumen Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim (Pustandpi)-BSILHK dalam mendukung implementasi Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 diwujudkan melalui keikutsertaannya dalam pembahasan Dokumen Rujukan Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan Implementasi Indonesia’s FOLU Net Sink 2030. Bersama Direktorat Inventarisasi Gas Rumah Kaca (GRK) dan Monitoring Pelaporan Verifikasi (MPV)-Direktorat Jenderal PPI, acara berlangsung di Ruang Panorama Hotel Aston Bogor pada Senin dan Selasa (30-31/1/2023). Direktorat Inventarisasi GRK dan MPV menggandeng Food and Agriculture Organization (FAO) berhasil menghadirkan beberapa ahli sebagai narasumber penanggap di antaranya Prof. Rizal Boer, Prof. Haruni Krisnawati, dan Dr. Solichin Manuri.

Dokumen Rujukan Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan Implementasi Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 ini merupakan dokumen framework yang memuat informasi terkait proses pelaksanaan monitoring, evaluasi, dan pelaporan guna memberikan pemahaman bagi pelaku Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 khususnya Pemerintah Provinsi. Dalam dokumen ini nantinya juga dicantumkan ketentuan bagi Provinsi dalam penyusunan Rencana Kerja Aksi Mitigasi Indonesia’s FOLU Net Sink 2030. Prof. Rizal Boer menekankan bahwa Rencana Kerja Aksi Mitigasi Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 diharapkan memuat informasi-informasi seperti:

  • Status dan tingkat emisi aksi mitigasi FOLU yang dilaksanakan
  • Mekanisme aksi mitigasi dari tiap-tiap entitas
  • Informasi Inventarisasi GRK
  • Pelaporan aksi mitigasi yang dilakukan

Tim Pustandpi juga berkesempatan menyampaikan konsep Standar Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan Aksi Mitigasi Indonesia’s FOLU Net Sink 2030. Konsep ini telah disusun pada tahun 2022 dan diharapkan dapat memperkaya informasi muatan bagi dokumen yang tengah disusun.

Rangkaian acara ditutup dengan penyampaian komitmen antara Direktorat Inventarisasi GRK dan MPV bersama Pustandpi untuk saling bersinergi dalam setiap kegiatan penyusunan dokumen. Hal ini bertujuan untuk menyukseskan pelaksanaan Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 guna mencapai target Enhanced Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia.

Penulis: Annisa Dwi Septiani
Editor: Alifa Zahra Adhyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *