Berita
Tanaman Biomassa di Lahan Jati: Refleksi Sosial Ekonomi, Lingkungan dan Kebijakan

Tanaman Biomassa di Lahan Jati: Refleksi Sosial Ekonomi, Lingkungan dan Kebijakan

Hutan tanaman energi biomassa merupakan kontributor penting dalam upaya penurunan emisi yang melibatkan sektor energi dan sektor berbasis lahan (kehutanan). Sehingga, pengembangan hutan tanaman energi biomassa di Indonesia oleh Perum Perhutani dapat menjadi penyumbang besar bagi Updated NDC dan juga sesuai dengan LTS-LCCR yang mendorong komitmen FOLU Net Sink 2030. Namun demikian, pengembangan Hutan Tanaman biomassa masih menghadapi tantangan dan penyesuaian penataausahaan hasil hutan (PUHH) dalam kaitannya dengan satuan pembayaran Provisi Sumber Daya Hutan (PSDH).

Proses pengembangannya menghadapi tantangan, antara lain terkait dengan sosial ekonomi masyarakat yang berada di sekitar hutan tanaman energi dan memiliki ketergantungan terhadap lahan. Integrasi antara sistem bisnis hutan tanaman energi biomassa dan partisipasi masyarakat dalam pola kemitraan tertentu belum teridentifikasi dengan baik. Tantangan berikutnya adalah aspek lingkungan. Transformasi bisnis dari tegakan jati menjadi tanaman biomassa energi menyisakan pertanyaan bagaimana pengaruhnya terhadap kondisi tanah, hidrologi, perubahan simpanan karbon vegetasi, dan iklim mikro. Pada bagian hilir, tantangan kebijakan khususnya penyesuaian dengan penatausahaan hasil hutan masih perlu untuk ditelaah, agar dukungan kebijakan praktis sejalan dengan proses produksi dan keekonomiannya.

Buku ini merupakan kompilasi dari serangkaian studi Tim Peneliti Pusat Penelitian Standardisasi Instrumen Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim (Pustandpi) bekerja sama dengan Perum Perhutani untuk menjawab tantangan tersebut.

Author : Yanto Rochmayanto, Deden Djaenudin, Virni Budi Arifanti, Subarudi, Kirsfianti Linda Ginoga, Budi Hadi Narendra, Sulistia Ekawati, Lukas R Wibowo, Rachman Effendi, Sylviani, Surati, Dian C Hidayat, Ane Dwi Septina, Andri Setiadi, Mega Lugina, Donny Wicaksono, Nurul Silva Lestari, Mirna Aulia Pribadi, Fentie J Salaka, Dewi Ratna Kurniasari, M Farid Januardi, Citasari Hendrasetiafitri, Rizal Solehuddin, Iwan Gunawan, Liliana Dwi Widjajati


Publisher : PT Penerbit IPB Press
ISBN : 978-623-256-947-8
Year : 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *