Berita
Rencanakan Program dan Kegiatan Standar Instrumen KBPI Tahun 2024, PUSTANDPI Bahas Judul Kegiatan Penyusunan Standar

Rencanakan Program dan Kegiatan Standar Instrumen KBPI Tahun 2024, PUSTANDPI Bahas Judul Kegiatan Penyusunan Standar

Dalam rangka Perencanaan program dan kegiatan penyusunan standar instrumen KBPI Tahun 2024, Pusat Standardisasi Instrumen Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim (Pustandpi) melaksanakan pertemuan untuk membahas Judul Kegiatan Penyusunan Standar Instrumen KBPI Tahun 2024. Agenda ini dihelat pada Senin (5/2/2024) di Ruang Rapat Pustandpi.

Mengawali rapat, Kepala Bidang Perumusan dan Penilaian Kesesuaian Standar Instrumen (P2KSI) Dana Apriyanto, sebagai Pelaksana Harian Kepala Pustandpi mengatakan bahwa di Tahun 2024, Pustandpi mendapat target menyusun 50 judul standar. Target tersebut meningkat dari tahun 2023.

“Dari target 50 judul, kita merumuskan 25 standar dulu, baik standar Persetujuan Lingkungan maupun non Persetujuan Lingkungan. Rapat ini dilakukan untuk kita bersama mengamati usulan kegiatan 2024. Tidak hanya perumusan, namun pengembangan standar. Setelah melihat substansi standar yang disusun, kita bisa mengkaji bersama,”

Selain target tersebut, Dana menjelaskan di Tahun 2024, Pustandpi juga dibebani target 16 judul pengembangan standar instrumen dan 3 judul Rancangan SNI. “Ini pekerjaan besar,” tuturnya.

Dalam menghadapi itu, Dana mengatakan Pustandpi akan menerapkan penyelesaian secara triwulan, dengan mengelompokan target judul menjadi 4 kelompok waktu. “Ada target Q1, Q2, Q3, dan Q4. Prinsipnya target kita 50 judul standar, 3 judul RSNI, tambah 16 judul pengembangan,” pungkas Dana.

Rapat Pembahasan Judul Kegiatan Penyusunan Standar Instrumen KBPI Tahun 2024 dihadiri oleh Kepala Bidang Pengembangan Standar Instrumen (PSI) dan pejabat fungsional lingkup Pustandpi.


Penulis:
Faisal Fadjri
Pranata Komputer Pertama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *