Berita
Sambut The 33rd ASOEN, PUSTANDPI Gelar Pertemuan Persiapan

Sambut The 33rd ASOEN, PUSTANDPI Gelar Pertemuan Persiapan

Pusat Standardisasi Instrumen Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim (PUSTANDPI) menyelenggarakan pertemuan terkait persiapan dokumen dalam rangka menyambut The 33rd Meeting of ASEAN Senior Officials on Environment (The 33rd ASOEN) di Kamboja pada 3-7 Oktober 2022. Pertemuan ini dilaksanakan secara hybrid pada Selasa (20/9) di Ruang Rapat PUSTANDPI, Bogor.

Kepala PUSTANDPI Kirsfianti L. Ginoga dalam arahannya mengatakan bahwa dalam pertemuan ASOEN sebelumnya, yakni pertemuan ke-31 dan ke-32 banyak isu yang belum diselesaikan. Kendati demikian, ia menegaskan penyiapan kertas posisi sebagai tools dalam The 33rd ASOEN.

“Dari pertemuan ASOEN ke-31 dan ke-32 masih terdapat isu yang menggantung. Kita lanjut dengan amanah penyiapan kertas posisi”, ujarnya.

Sampai saat ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berpartisipasi aktif dalam badan-badan sektoral terkait ASEAN, salah satunya adalah ASOEN. Terdapat 7 (tujuh) working groups di bawah ASOEN antara lain AWG-CC (ASEAN Working Group on Climate Change), AWG-CW (ASEAN Working Group on Chemicals and Waste), AWG-CME (ASEAN Working Group on Coastal and Marine Environment), AWG-EE (ASEAN Working Group on Environmental Education), AWG-ESC (ASEAN Working Group on Environmentally Sustainable Cities), AWG-NCB (ASEAN Working Group on Nature Conservation and Biodiversity), dan AWG-WRM (ASEAN Working Group on Water Resources Management).

Sebagai tambahan informasi, kertas posisi merupakan penjelasan tentang posisi atau sikap pada satu isu serta alasannya secara rasional1. Kertas posisi harus berdasar pada fakta dan bukti-bukti yang kuat untuk mendukung sikap yang kita tuangkan di atas kertas tersebut.***

Penulis: Faisal Fadjri
Editor: Alifa Zahra Adhyana

1Xavier University Library (www.xavier.edu/library/help/position_paper.pdf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *