Berita
Kuatkan Kerja Sama Tim yang Solid dalam Pencapaian Target Standar KBPI

Kuatkan Kerja Sama Tim yang Solid dalam Pencapaian Target Standar KBPI

Bogor. Jum’at, 5 Juli 2024. Penguatan kerja sama dan saling mendukung dalam pencapaian target standar ketahanan bencana dan perubahan iklim. Kiranya itu pesan yang disampaikan oleh Krisdianto, S.Hut., M.Sc, Ph.D., Kepala Pusat Standardisasi Instrumen Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim (Pustandpi) yang baru saja dilantik pada 21 Juni lalu, saat pembinaan pegawai lingkup Pustandpi di Bogor (05/07/2024).

“Setelah transisi dari Badan Litbang ke BSI, cukup banyak perbedaan dalam pelaksanaan kegiatannya, salah satunya yaitu kegiatan Pustandpi saat ini juga mendukung UKL UPL. Meskipun demikian, sesuai dengan arahan Menteri LHK, Pustandpi tetap diharapkan dapat  mengambil peran yang banyak dalam kegiatan bidang perubahan iklim,” tutur Krisdianto.

Mengumpamakan menulis pada halaman kosong suatu buku, Krisdianto mendorong agar semua pegawai dapat mengisi bukunya dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat yang akan menjadi kebanggaan bagi diri sendiri dan bermanfaat bagi organisasi.

“Kita seperti sebuah buku putih, setiap hari kita tulis, mulai dari halaman yang kosong, setiap hari kita tulis kegiatan kita capaian kita, dan itu semua akan dipertanggungjawabkan sebagai sebuah ibadah. Adapun lembaran-lembaran yang lalu tidak dapat kita hapus, namun kita dapat tulis lembaran baru sebagai suatu hal yang menarik, meskipun itu adalah hal-hal rutin yang kita lakukan,” lanjutnya.

Terkait dengan target penyusunan standar KBPI, Krisdianto mengimbau agar Pustandpi dapat lebih berkiprah dalam mendukung mekanisme perdagangan karbon yang menjadi isu hangat saat ini. “Mulai minggu depan mari kita perdalam pekerjaan setiap bidang, khususnya dengan perdagangan karbon yang menjadi perhatian penting bagi KLHK. Misalnya, bagaimana penilaiannya dalam sebuah lanskap, belum ada standarnya. Hal ini dapat menjadi peluang bagi Pustandpi untuk dikaji lebih lanjut,” terangnya.

Tidak ketinggalan, Krisidianto juga berpesan agar proses kegiatan yang sudah berjalan dapat terus terlaksana sesuai target yang telah ditetapkan, tanpa terpengaruh oleh pembentukan kabinet baru yang akan datang. “Mari kita bekerja sama apapun kabinetnya karena banyak yang harus kita hadapi. Tetap bekerja sesuai target, agar dapat kita capai bersama-sama sebagai tim yang solid, dan apa yang sudah dibangun sebelumnya, termasuk prestasi dari Pustandpi agar tetap dipertahankan. Serta jangan lupa untuk tetap melaporkan apa yang sudah dikerjakan kepada atasan, dan disebarkan kepada pihak-pihak terkait khususnya unit eselon I teknis lainnya,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Kepala Bidang lingkup Pustandpi juga menyampaikan perkembangan kegiatan dan pencapaian output standar KBPI yang telah dihasilkan.  Selain seluruh jajaran dan pegawai Pustandpi, acara ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang Pengembangan Standar Instrumen dan Pengelolaan Laboratorium Kehutanan Pustarhut, sebagai pelaksana kegiatan sebelumnya pada Bidang Pengembangan Standar Instrumen Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim. (***)


Penanggung jawab berita :
Krisdianto, S.Hut., M.Sc., Ph.D – Kepala Pustandpi
Kontributor :
Mamay Maisaroh, S.Hut., M.Si – Pranata Humas Ahli Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *